Berbagai Pilihan Vitamin Untuk Bayi dan Fungsinya

Bayi yang masih berusia 0 hingga 12 bulan membutuhkan ASI sebagai nutrisi paling penting. Namun selain ASI, vitamin untuk bayi juga diperlukan agar dapat menemani pertumbuhan serta perkembangannya. Pada tahun pertamanya, bayi memang akan memiliki pertumbuhan yang sangat pesat. Di saat ini juga, bayi akan membutuhkan banyak nutrisi. ASI telah banyak dipercaya sebagai sumber gizi paling baik untuk bayi selama enam bulan pertamanya. Akan tetapi setelah melewati usia tersebut, beragam nutrisi dan vitamin lain juga dibutuhkan guna memenuhi gizi serta membantu pertumbuhannya. Terutama bagi bayi yang mengalami kekurangan asupan ASI dan menggunakan susu formula, maka mengonsumsi suplemen vitamin dengan vitamin D sangat dianjurkan. Suplemen bayi ini juga direkomendasikan untuk bayi yang lahir secara prematur, berat badannya rendah, asupan susu formula atau ASI kurang dari biasanya serta memiliki masalah kesehatan yang kronis sehingga mempengaruhi kemampuannya makan.
Berbagai Pilihan Vitamin Untuk Bayi dan Fungsinya

Agar dapat menemani masa pertumbuhannya, maka bayi membutuhkan beragam nutrisi. Termasuk di dalamnya adalah kalsium guna pertumbuhan tulang serta gigi, lemak agar dapat membantu perkembangan otak, melindungi diri dari infeksi serta menjaga kulit dan rambut tetap sehat. Bayi juga membutuhkan zat besi, asam folat, karbohidrat, protein, DHA, seng, serta asam omega 3. Vitamin untuk bayi adalah sebagai berikut. Pertama ada vitamin A untuk menjaga kesehatan rambut serta kulit, penglihatan, dan juga imunitas tubuh. Kedua ada vitamin B1 atau tiamin. Vitamin ini akan membantu dalam mengubah makanan menjadi energi. Ketiga ada vitamin B2 atau riboflavin. Vitamin ini akan membantu tubuh dalam mengolah makanan menjadi energi serta melindungi sel dari resiko kerusakan yang mungkin terjadi.

Keempat ada vitamin B3 atau niasin, yang fungsinya mengubah makanan menjadi lemak serta membantu dalam menggunakan protein serta energi. Vitamin untuk bayi berikutnya adalah vitamin B6 yang akan menjaga kesehatan otak serta imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Selanjutnya ada vitamin B12 yang bertugas dalam mempertahankan sel-sel syaraf serta darah agar senantiasa sehat. Fungsi lain dari vitamin B12 adalah membuat DNA sebagai materi genetik yang ada pada setiap sel. Berikutnya ada vitamin C yang juga dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari bahaya infeksi, membantu menyembuhkan luka serta membangun pertumbuhan dan penguatan tulang serta otot. Lalu, ada lagi vitamin D yang dibutuhkan agar tubuh dapat menyerap kalsium serta membuat tulang dan gigi tetap sehat. Bayi yang hanya diberi ASI sangat disarankan untuk diberi tambahan asupan vitamin D. Ini karena kandungan vitamin D dalam ASI tergolong rendah.

Berikutnya ada lagi vitamin E. Fungsi utama dari vitamin ini adalah memperkuat imunitas serta melindungi sel dari resiko kerusakan. Terakhir ada vitamin K yang penting dalam membantu proses pembekuan darah. Yang harus diperhatikan orangtua terutama ibu adalah bahwa pemberian nutrisi serta vitamin untuk bayi ini harus menggunakan petunjuk dokter. Apabila orangtua membeli vitamin di apotek, maka konsultasikan dulu dengan dokter serta apoteker setempat terkait suplemen vitamin yang cocok. Mengonsumsi vitamin dalam jumlah cukup memang menyehatkan, namun apabila konsumsi vitamin dilakukan secara berlebihan hingga overdosis maka akan berbahaya bagi buah hati. Berikan suplemen ini sesuai dosis yang telah disarankan pada label kemasannya. Selain itu, berhati-hatilah apabila memberikan dua macam suplemen yang berbeda sekaligus. Demikian informasi terkait suplemen vitamin yang dapat diberikan untuk bayi.

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Pilihan Vitamin Untuk Bayi dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel